Friday, June 19, 2015

Soegija, 100% Indonesia


Bertubuh kecil dibanding koleganya, Soegija muda tampak memiliki tatapan yang tajam dan kritis. Berbekal rasa penasaran serta kepribadian luhur ala Jawa, Soegija mengasah kehidupan spiritualnya hingga ke Eropa; mencari tahu khasanah kehidupan yang mengantarnya pada istilah yang dikenal dengan 100% Katolik 100% Indonesia.

Siapakah Soegija?

Bagi para jajaran pendiri negara, beliau dikenal sebagai salah seorang pahlawan perjuangan, terutama dalam peristiwa pertempuran lima hari di Semarang. Perjuangan yang beliau lakukan bukanlah mengangkat senjata melawan penjajah, namun melindungi para rakyat pribumi dengan melakukan gencatan senjata yang direncanakan oleh tentara Jepang untuk membantai rakyat pribumi.

Bagi umat Katolik Indonesia, beliau dihormati sebagai uskup pribumi pertama. Beliau berdiri di atas rasisme yang dibangun oleh para kolonial, sekaligus membuktikan bahwa Gereja Katolik mengatasi segenap perbedaan -seperti yang tertulis di Kitab Suci, di dalam Kristus tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan Yunani begitu pula tidak ada perbedaan antara orang Eropa dengan Jawa, Cina, dan sebagainya.

Epilog

Dalam novel biografi singkat ini, Ayu Utami mencoba mengungkapkan kembali perjalanan hidup sang Uskup Pribumi ke dalam bahasa yang sederhana dan populer. Dengan menitikberatkan pada peristiwa-peristiwa penting seorang Soegija -pemuda Jawa yang lahir di lingkungan keraton Surakarta, menemukan jati diri bersama Romo Van Lith, belajar hingga ke negeri 'penjajah' hingga kembali ke tanah air untuk berjuang bersama rakyat Indonesia. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi dari film Soegija garapan Garin Nugroho dan SAV Puskat).

Melalui buku ini, pembaca akan menemukan sisi lain dari pemuda Gereja Katolik yang turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

100% Katolik, 100% Indonesia

*) Gambar diambil dari historia.id

No comments:

Post a Comment

author
Yacob Ivan
Indonesian, Mathematician, Business Analyst, Android Developer, History-traveller | http://www.yacob-ivan.com