Tuesday, June 30, 2015

Monument Valley, Game Ekspresionis Tiga Dimensi


Suatu sabtu di kantor, saya melihat teman saya main game yang desainnya bagus. Saya nyobain satu-dua level, ternyata lumayan juga! Akhirnya saya memutuskan untuk ikutan beli game tersebut: Monument Valley.

Ekspresionis Abis!

Monument Valley termasuk dari beberapa games berbayar yang saya beli. Selain karena desainnya yang cakep, gameplaynya juga mudah dimengerti. Hanya saja, yang memainkan harus punya daya imajinasi yang tinggi untuk mengutak-atik ilusi optik.

Sang karakter utama, Ida, berada di sebuah dunia antah berantah tanpa acuan gravitasi yang konsisten. Dari tempat awal, Ida harus berjalan menelusuri area hingga mencapai altar. Di atas altar, Ida harus meletakkan kunci-kunci geometri untuk maju ke level selanjutnya.

Jujur, saya agak bingung menjelaskannya lewat kata-kata. Namun apabila Anda pernah membaca komik manga Yu-Gi-Oh!, maka permainan ini mirip di dunia di dalam piramid ingatan Yugi. Lebih greget kalau pada main langsung gamenya.

Monument Valley
Developer - UsTwoGame rating - Everyone
Genre - Strategy
Platform - Android, iOS
Official website - www.monumentvalleygame.com
Untuk versi 2.3.0, terdapat tiga dunia yang dapat dimainkan:

  • Original, terdiri dari 10 stage (Rp 13.000,00). Dalam stage ini, diceritakan mengapa Ida harus berpetualang menyusun kembali monumen-monumen geometris. Stage pertama akan menjelaskan cara bermain di game ini.
  • Forgotten Shores terdiri dari 8 stage (Rp29.000,00). Stage ini merupakan kelanjutan dari original. Menambahkan beberapa gerakan-gerakan geometris yang tidak ada di versi Original.
  • Ida's Dream hanya terdiri dari 1 stage. Stage ini didedikasikan khusus untuk charity. Ada satu bagian yang cukup sulit, ketika memutar dunia yang hanya terdiri dari dua dimensi.
Hanya butuh beberapa jam untuk menyelesaikan game yang cukup menguji kreativitas kita. Penasaran dengan game ini? Monggo dibeli di Play Store atau App Store dan selamat berimajinasi.

No comments:

Post a Comment

author
Yacob Ivan
Indonesian, Mathematician, Business Analyst, Android Developer, History-traveller | http://www.yacob-ivan.com