Thursday, October 27, 2011

Fried Chicken Adventure


Fried Chicken Adventure bukanlah merupakan sebuah perjalanan seekor ayam yang telah digoreng. Lebih tepatnya, saya menjadi subjek yang berpetualang untuk mencari ayam goreng. Di Yogyakarta -yang tiap tahun mengalami peningkatan jumlah penduduk- memiliki segudang tempat untuk memenuhi keluhan perut yang disebut dengan lapar. Salah satunya adalah restoran ayam goreng krispi.

Tentu Anda sudah mengenal, sebuah sistem penjualan yang disebut dengan franchise. Di Yogyakarta ini, ada beberapa franchise yang menjual menu makanan berupa ayam goreng. Kali ini saya akan menyajikan 5 buah franchise ayam goreng kelas menengah ke bawah. Dan dari kelima resto di bawah ini, saya menyisipkan sedikit penilaian subjektif saya tentang resto-resto tersebut. Oh ya, saya hanya memesan menu ayam bagian dada (biasanya sepaket dengan minumannya).

Yogya Chicken

Yogya Chicken atau yang dikenal dengan "Jogcik" memang hanya ada di Yogyakarta (namanya juga Yogya Chicken). Restoran ini sudah memiliki outlet di mana-mana (sepertinya jumlahnya paling banyak di Jogja). Dan dari beberapa informasi yang saya peroleh, Jogcik memiliki tempat penyembelihan dan pembumbuan ayam yang terletak di daerah Pringwulung. Menurut saya, dada ayam di Jogcik ini ukurannya PALING BESAR dibandingkan restoran-restoran yang lain. Satu paket dada ayam goreng, nasi dan teh manis bisa diperoleh dengan harga Rp8.500,00. Dan menurut saya pula, ayam di Jogcik PALING BERBUMBU. Jadi tidak salah kalau saya meletakkan Jogcik sebagai restoran ayam goreng terbaik. Jogcik ada di mana-mana, salah satu outlet yang ramai dikunjungi adalah di Jalan Affandi, Gejayan (sekitar Deresan, agak masuk gang sedikit).

Olive Chicken

Olive merupakan pacar dari Popeye. Saya juga tidak tahu apa kaitan antara Olive dengan ayam goreng, karena setahu saya Olive malah memiliki kaitan dengan bayam. Dibandingkan dengan restoran yang lain, ayam goreng di Olive Chicken ini dibungkus KRISPI PALING ENAK. Butiran-butiran krispinya lebih kecil dan renyah dibandingkan yang lain. Satu paket dada ayam goreng, nasi dan teh manis bisa diperoleh dengan harga Rp7.000,00. Salah satu outlet yang saya kunjungi adalah di Jalan Nyi Tjondroloekito, Monjali (dekat dengan jembatan baru UGM-Sardjito).

Mr. Burger

Walaupun bukan menu utama yang dijajakan di Mr. Burger, restoran (entah apa saya menyebutnya) ini menyiapkan ayam goreng krispi yang rasanya enak. Hanya saja, dari kelima restoran yang ada di sini, Mr. Burger memegang HARGA TERMAHAL. Karena dengan Rp8.500,00, saya hanya mendapatkan ayam dan nasi tanpa minum. Lho, terus minumnya gimana? Di sana juga tersedia kulkas yang berisi minuman, silakan buka kulkas, pilih dan beli minuman yang diinginkan.

Yoyo Chicken

Mengapa disebut dengan Yoyo Chicken? Saya juga kurang begitu tahu. Kalau lihat lambangnya, ada seekor ayam jantan yang sedang memainkan yoyo. Entah apa filosofinya: mungkin seperti yoyo yang bisa suatu saat dimainkan akan kembali lagi, begitu pula konsumen yang makan di sana bisa kembali lagi ke sana untuk makan tentunya. Yang unik dari Yoyo Chicken adalah SAMBAL yang bukan merupakan SAUS seperti yang disediakan keempat restoran lainnya. Tersedia SAMBAL MERAH dan SAMBAL HIJAU yang siap membuka pori-pori keringat Anda. Satu paket dada ayam goreng, nasi dan teh manis bisa diperoleh dengan harga Rp7.500,00. Salah satu outlet yang saya cicipi ada di daerah Tambakboyo, Condongcatur (pasar Condongcatur lurus ke utara).

Popeye Chicken

Sepertinya, Popeye Chicken ada sebelum Olive Chicken. Seperti Olive, menurut saya Popeye lebih identik dengan bayam ketimbang ayam goreng. Rasa ayam gorengnya lumayan lah. Keunikan Popeye Chicken adalah, papan informasi harga yang ada di tembok di atas counternya menggunakan BAHASA INGGRIS, sudah mirip dengan KFC. Satu paket dada ayam goreng, nasi dan teh manis bisa diperoleh dengan harga Rp7.000,00. Salah satu outlet yang kunjungi ada di daerah Papringan (dekat SMA John de Britto).

Sekali lagi, penilaian terhadap kelima restoran di atas berdasarkan pikiran subjektif lidah saya. Sebenarnya masih ada beberapa restoran ayam goreng lagi, seperti Quick Chicken, Jakarta Jakarta, Yakitori Chicken. Tapi saya belum nemu tempatnya. Ada yang tahu?

5 comments:

  1. Saatnya untuk kulineran lagi kalo ke jogja XD. Btw, aku sptnya pernah liat gerai Quick Chicken tapi g tau nama daerahnya. Pas lewat gitu.

    ReplyDelete
  2. nah itu dia, lokasi Quick Chicken masih belum bisa diketahui... sebenernya ngenet pasti ketemu...

    ReplyDelete
  3. Seingetku daerah Babarsari ada Quick Chicken.. btw kok KFC malah nda disebutin ya??? :D

    ReplyDelete
  4. Di utara perempatan selokan mataram (daerah Babarsari) ada jg warung ayam goreng,, aku lupa namanya.. Kalo dari selatan kiri jalan, klw dari UPN keselatan terus ntar kanan jalan.

    ReplyDelete
  5. kan, golongan menengah ke bawah ^___^

    ReplyDelete

author
Yacob Ivan
Indonesian, Mathematician, Business Analyst, Android Developer, History-traveller | http://www.yacob-ivan.com