Friday, October 21, 2011

Festival Tarian Kreasi Dayak


Jumat (21/10) merupakan hari istimewa bagi orang-orang Dayak yang tinggal di Yogyakarta. Hampir seluruh orang Dayak berkumpul untuk merayakan Gawai Dayak sekaligus mengobati rasa rindu akan kampung halamannya. Melalui festival tarian kreasi, mereka mengajak saudara-saudari mereka serta khalayak umum untuk menikmati tradisi salah satu etnis di Indonesia yang memiliki rupa-rupa keunikan.

Festival ini dilaksanakan di Taman Budaya Yogyakarta. Di tahun 2011, festival ini sudah yang kesembilan kalinya diadakan. Jika festival ini hanya diadakan untuk Kalimantan Barat pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini diadakan untuk seluruh Kalimantan.

Saya dan teman-teman menghadiri acara ini. Keramaian tampak pada malam kedua, karena kesebelas peserta tarian kreasi saling unjuk gigi menunjukkan tarian subetnis mereka yang telah dilatih beberapa bulan sebelumnya. Dari sebelas itu, akan dipilih satu tim terbaik untuk dianugerahi piala bergilir. Wow, menarik bukan? Saya puas melihat para penari itu menggerakkan seluruh anggota tubuhnya mengikuti irama musik khas Dayak. Mereka tidak sebarang menari, seluruh rangkaian tarian mereka dikreasikan sesuai dengan tema yang mereka angkat dari kehidupan sehari-hari, seperti memanen padi, membajak sawah, memetik madu hutan, dan lain-lain.

Saya cuma ingat ini: ... kajubata ... auuuu ... (entah apa artinya?)

Lihat-lihat

Pintu masuk acara Gawai Dayak di Taman Budaya Yogyakarta
Salah satu stand pameran Dayak
Membajak sawah

No comments:

Post a Comment

author
Yacob Ivan
Indonesian, Mathematician, Business Analyst, Android Developer, History-traveller | http://www.yacob-ivan.com