Friday, September 28, 2012

Empire Defense : Plain Map Alternative Strategy

Sudah pernah bermain Empire Defense 1 di Android kamu? Kalau belum silakan buka link tersebut untuk mendapatkan penjelasan singkat mengenai game ini. Selanjutnya, saya akan memberikan salah satu alternatif strategi yang saya gunakan.

Pendahuluan

Ada beberapa poin yang ingin saya jelaskan sebelumnya mengenai strategi yang telah saya gunakan.
  1. Strategi ini telah saya pakai mulai dari level Very Easy sampai Hard. Tidak semata-mata dapat digunakan untuk level Hard, mengingat tower-tower yang digunakan harus diupgrade secara bertahap.
  2. Hingga saat ini, yaitu ketika strategi ini diposting, saya telah melakukan upgrade Archery Tower hingga level 100, High Archery Tower hingga level 100, Bombard Tower hingga level 50, masing-masing Eagle Eye Tower dan Force Tower masih level 0, sedangkan Frozen Tower masih level 10.
  3. Saya belum dapat memecahkan level Very Hard, terutama di level 84, yaitu dengan pasukan kuda yang sangat banyak. Mungkin dibutuhkan strategi dan upgrade senjata yang maksimal.

I. First Impression

Di awal permainan, kita hanya mendapat modal minimal. Paling tidak, kita bisa membangun jalur genosida (jalur pembunuhan masal) yang cukup mempersulit lawan yang melewati darat. Akan tetapi, jalur yang akan kita buat ini harus mempertimbangkan bahwa pada wave 30, kita akan berjumpa dengan musuh yang melalui udara. Setidaknya, kita harus  membangun jalur darat ini hingga wave 20-an.


Pada tahap ini, saya cukup membangun rangkaian tower dengan susunan seperti tampak pada gambar. Perhatikan tower yang paling bawah (kolom ke 6 dari kiri). Jika dirasa pertahanan ini kurang kuat, maka Anda bisa memberlakukan buka-tutup pintu. Hal ini dilakukan dengan menghancurkan tower yang paling bawah tersebut dan menutup pintu paling kanan dengan tower. Selanjutnya, kita harus mulai memikirkan untuk membangun serangan udara.


II. Meet The Air Force and The Elephant

Pada tahap kedua ini, saya mulai membangun High Archery Tower, paling tidak sebanyak tiga atau empat High Archery Tower. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi musuh yang lewat melalui udara. Saya membuat beberapa celah, yang nanti akan diisi oleh Frozen Tower dan Eagle Eye Tower. Dalam gambar di bawah ini, High Archery Tower dipasang mulai dari kolom ke-7).

Setelah pembangunan dimulai, kita akan berhadapan dengan tiga wave pasukan udara sebelum kita menghadapi gajah. Sambil berjalan saja, kita bisa menambah High Archery Tower hingga 9 atau 10 unit. Tidak lupa kita membuat Frozen Tower dan dibangun sampai maksimal setiap tiga kolom untuk memperlambat pasukan udara (perhatikan gambar).




Permasalahan yang akan muncul setelahnya ada di wave 50, yaitu munculnya seekor gajah. Gajah inilah yang paling kuat di antara lainnya. Untuk itu sejak wave 40, kita sudah mempersiapkan jalur genosida ini (perhatikan gambar).

Dengan demikian, strategi yang saya tawarkan di wave 20-50 adalah membuat barisan High Archery Tower yang dilengkapi 3 Advanced Frozen Tower, dilanjutkan dengan membangun jalur hingga lengkap.

III. Decoy Tower

Decoy Tower hanya merupakan istilah saja. Tower ini sebenarnya adalah Archery Tower biasa, yang tidak perlu diupgrade, yang berfungsi untuk buka-tutup pintu. Beginilah cara kerjanya:

Archery Tower yang ditandai lingkaran merah inilah yang merupakan Decoy Tower.
Beginilah Decoy Tower bekerja, yaitu dengan substitusi tower lain yang ditandai
lingkaran hijau.

Dengan demikian, gajah-gajah harus kembali mengitari arena. Jika masih dirasa kurang kuat, Anda bisa menghancurkan tower hijau dan membangun kembali tower merah, supaya gajah mengitari arena untuk ketiga kalinya. 

Decoy Tower ini terbukti efektif untuk mengalahkan macam-macam musuh selain gajah, terutama untuk gerobak (Siege Weapon) ataupun barisan musuh dalam jumlah yang banyak. Intinya, kalau sudah mendekati titik di dekat tower hijau, hancurkan tower merah dan bangun tower hijau. Begitu pula sebaliknya.

IV. Meet the Zeppelin

Zeppelin adalah musuh yang paling kuat kedua setelah gajah. Jika membunuh satu unit saja, kita bisa mendapatkan uang sebesar 100 yang memungkinkan kita melakukan pembangunan besar-besaran. Akan tetapi, untuk menghadapi zeppelin ini tidaklah mudah, padahal zeppelin pertama muncul di wave 60. Untuk itu, setelah menghadapi gajah di wave 50, kita harus langsung menambah High Archery Tower.


Sekali lagi, beberapa ruang yang tersisa di antara High Archery Tower tersebut akan saya gunakan untuk membangun Eagle Eye Tower. Setelah berhadapan dengan zeppelin pertama, di wave 61, kita akan bertemu dengan dua ekor gajah!

V. Meet Two Elephants, Separate Tower

Yang saya yakini, tidak semua tower harus diupgrade! Apalagi dalam game ini, barisan musuh akan semakin ditumpas apabila ada dua musuh atau lebih yang berjalan berdampingan karena tower hanya akan menembaki yang satu tetapi tidak yang lain. Berbeda dengan Frozen Tower, pada tahap advanced (dua kali diupgrade dalam game) serangan es-nya berpengaruh terhadap area (bisa lebih dari satu yang terkena efek slow).

Akibatnya, dua ekor gajah yang berjalan berdampingan akan selamanya berdampingan. Untuk itu kita perlu Separate Tower, yaitu Frozen Tower yang diupgrade sekali saja (tidak sampai maksimal). Separate Tower ditandai dengan lingkaran biru seperti tampak pada gambar.


Dengan dibantu Separate Tower ini, setidaknya dua gajah itu tidak berjalan berdampingan untuk beberapa saat sehingga masing-masing dapat diserang oleh tower-tower penyerang lainnya. (Rasakan bedanya apabila Separate Tower ini diupgrade maksimal).

VI. Do The Rest

Setelah memahami hingga tahap kelima di atas, maka tahapan selanjutnya bisa dilakukan secara bebas, yaitu dengan melengkapi celah-celah lainnya dengan Eagle Eye Tower, Force Tower sekaligus melakukan upgrade terhadap tower-towernya selain Separate Tower. Sekali lagi, tidak perlu semua tower diupgrade. Perhatikan langkah-langkah akhir yang saya lakukan.

Menambahkan Bombard Tower di depan, mengupgrade Frozen Tower satu kali.
Mulai menambahkan Eagle Eye Tower, mengupgrade Archery Tower dan Frozen Tower mulai dari belakang.
Melakukan penambahan Eagle Eye Tower, Force Tower dan terus mengupgrade Archery Tower dan Frozen Tower.
Tidak lupa mengupgrade High Archery Tower.
High Archery Tower telah selesai diupgrade semuanya.
Upgrade Eagle Eye dan Force Tower, persiapan untuk berhadapan dengan 3 zeppelin di wave 99.
Pada wave 89, saya menyelesaikan seluruh rangkaian jalur genosida. Tinggal melakukan buka-tutup Decoy Tower.

Pada wave 89, saya telah merampungkan jalur genosida. Tugas selanjutnya adalah melakukan buka-tutup Decoy Tower untuk mencegah musuh-musuh yang terlalu kuat. Dengan strategi ini, paling tidak saya bisa mempertahankan life tetap 20.

Strategi ini saya coba mulai dari Very Easy sampai Very Hard, tetapi baru efektif hingga level Hard. Seiring dengan permainan, saya melakukan upgrade tower di Tower Store.

Kalau ada yang berbagi strategi, boleh nih.... ^_^

No comments:

Post a Comment

author
Yacob Ivan
Indonesian, Mathematician, Business Analyst, Android Developer, History-traveller | http://www.yacob-ivan.com