Saturday, August 18, 2012

Empire Defense (Android)


Sudah lama nggak posting artikel tentang game. Baiklah, kali ini saya akan menampilkan sedikit komentar saya tentang sebuah game strategi Android berjudul Empire Defense. Seperti permainan-permainan strategi ber-genre tower defense lainnya, misi utama dari Empire Defense adalah melindungi markas dari serangan musuh dengan menggunakan persenjataan. Seperti apa permainannya? Baiklah, saya akan mencoba menggambarkan sedikit tentang game ini.

Empire Defense, defend your castle!
Jika belum mengenal game ini, Anda mungkin akan terasa bosan dengan permainannya. Seperti yang telah disebutkan, tugas kita adalah membangun semacam benteng persenjataan untuk melawan serangan musuh. Musuh-musuh akan menyerang dalam 100 gelombang (100 waves) yang muncul berurutan setelah 1 gelombang selesai.

Dalam satu area permainan, ada dua macam pintu: pintu masuk musuh dan pintu keluar musuh. Pintu masuk musuh adalah titik awal kemunculan sejumlah pasukan musuh, sedangkan pintu keluar musuh adalah titik akhir perjalanan pasukan musuh. Jika pasukan musuh berhasil mencapai pintu keluar ini, maka kita akan kehilangan sebuah life point tiap satu pasukan. Untuk menghindari hal tersebut, kita harus membangun sistem pertahanan untuk melawan serbuan musuh. Perhatikan contoh berikut ini, gambar di bawah adalah strategi awal yang saya gunakan untuk mempertahankan kastil.


Sebelum menjelaskan tentang musuh dan persenjataan, saya akan menjelaskan beberapa hal penting yang harus diperhatikan selama permainan. Di bagian atas layar permainan, tampak 4 ikon, yaitu:

  1. Emas, adalah sumber dana untuk membangun persenjataan dalam sekali permainan. Emas diperoleh dengan memusnahkan pasukan atau dengan bantuan [Tavern].
  2. Hati, adalah life point yang dimiliki kastil. Jumlah awal yang diberikan adalah 20, jadi kita harus mempertahankan kastil dari maksimal 20 pasukan. Dengan bantuan [Tavern], life point dapat bertambah.
  3. Kristal biru, digunakan untuk membeli jenis tower baru atau upgrade tower di Tower Store. Kristal biru diperoleh dengan memusnahkan pasukan, serta akumulasi skor setelah satu permainan berakhir.
  4. Level, adalah pertanda tingkat kesulitan dan nomor wave yang sedang berlangsung. Pada gambar di atas, berarti kita sedang memainkan level 2 wave 88.

Di bagian bawah-kiri layar permainan, tampak ada 3 ikon: roda gigi untuk pause dan membuka menu options, fast forward untuk mempercepat/memperlambat permainan, dan lup +/- untuk zooming. Sedangkan di sebelah bawah-kanan layar permainan adalah jenis-jenis tower yang digunakan dalam permainan. Pemilihan jenis-jenis tower dilakukan sebelum permainan dimulai. Pada awal permainan, kita diberi pilihan 4 buah tower. Jumlah yang 4 ini dapat diupgrade sampai berjumlah 6 di Tower Store.

Ada beberapa jenis pasukan musuh yang menyerang, yaitu pasukan melee, horseman, siege weapon, dan animal army. Berikut ini adalah jenis-jenis pasukan, nomor di dalam tanda kurung [...] menandakan jumlah emas yang diperoleh dengan membunuh satu unit pasukan.

  1. Melee, adalah pasukan berjalan biasa. Ada tiga jenis pasukan melee, yaitu Spearman[1] (pasukan bertombak), Swordsman[1] (pasukan pedang dengan baju zirah), Axeman[2] (pasukan berkapak).
  2. Horseman, adalah pasukan berkuda. Ada dua jenis pasukan berkuda, yaitu Cavalrier[2] dan Paladin[3]. Hati-hati, pasukan berkuda tentu berjalan lebih cepat daripada pasukan melee.
  3. Siege Weapon, adalah pasukan berupa mesin-mesin perang. Ada dua jenis mesin perang, yaitu Battering Ram[6] yang hanya menyerang melalui jalur darat, dan Zeppelin[100] yang hanya menyerang melalui jalur udara. Persenjataan yang digunakan untuk melawan pasukan darat berbeda dengan pasukan udara.
  4. Animal Army, adalah pasukan hewan. Ada dua jenis pasukan hewan, yaitu Elephant[100] yang menyerang di jalur darat, dan Flying-man[5] yang menyerang di jalur udara.


Untuk menghadapi pasukan-pasukan tersebut, kita harus membangun sistem pertahanan yang kuat. Perlu diperhatikan bahwa senjata yang kita pilih memiliki efektivitas masing-masing. Ada yang lebih efektif untuk menyerang pasukan darat saja, ada yang untuk pasukan udara saja, ada yang untuk keduanya, ada yang untuk memperlambat langkah pasukan, dan ada tower support untuk bantuan. Berikut ini adalah jenis-jenis tower yang dapat dipilih (urut dari kiri atas, nomor di bawah gambar menunjukkan harga tiap tower):


  1. Archery Tower, tower panah biasa yang menyerang semua target dengan cepat.
  2. Bombard Tower, tower meriam yang lebih kuat namun kecepatannya rendah.
  3. High Archery Tower, tower panah biasa yang hanya merang target di udara.
  4. Frozen Tower, tower yang memperlambat langkah musuh, tetapi tidak menyerang.
  5. Eagle Eye Tower, tower yang memperjauh jarak tembak tower-tower di sekitarnya.
  6. Force Tower, tower yang menambah kekuatan tembak tower-tower di sekitarnya.
  7. Poison Tower, tower yang menembaki musuh dengan racun.
  8. Electric Tower, tower yang menyerang musuh dengan sengatan listrik.
  9. Tavern, tower yang menghasilkan uang dan menyembuhkan life point.
  10. Doom, tower yang mampu menghancurkan segalanya.
  11. Spike Tower, tower yang menyerang semua musuh di sekitar tower.

Sebagai pemula, kita diberi 4 tower pertama (nomor 1 - 4). Paling tidak kita bisa membuat jalur dengan Archery Tower dan Frozen Tower. Selanjutnya, tinggal melengkapi dengan High Archery Tower dan Bombard Tower.

Di Menu utama game, Anda menjumpai pilihan: Resume (untuk meneruskan permainan terakhir yang belum selesai), New Game (untuk memulai permainan baru), Achievement (penghargaan-penghargaan yang bisa diperoleh dengan menyelesaikan misi tertentu), Tower Store (untuk beli atau upgrade tower), Options (untuk setting game) dan Quit (untuk keluar dari permainan).

Bagaimana strategi Anda?

3 comments:

  1. Udah download, udah dimainkan. Seru di awal. Cukup bosan setelah dimainkan beberapa kali. Apalagi liat Crystal buat beli Tower yg bikin kepala cekat-cekot. Overall, 7/10 deh :)

    ReplyDelete
  2. Setuju, awalnya seru. Walaupun belakangnya membosankan, yang bikin ganti suasana ya susun-susun strateginya...

    ReplyDelete

author
Yacob Ivan
Indonesian, Mathematician, Business Analyst, Android Developer, History-traveller | http://www.yacob-ivan.com