Tuesday, February 14, 2012

Soto Adventure Episode 2

Melanjutkan petualangan berburu soto di Episode 1, saya pun menemukan soto-soto yang makin unik aja. Semua soto ini masih ada di Yogyakarta tercinta. Jadi bagi pelajar kota Jogja yang kepingin menjajal kuliner di seluruh Indonesia, tidak perlu jauh-jauh pergi ke propinsi tujuan. Hampir semua ada di Jogja.

Soto khas Boyolali
Mungkin saya masih ragu menamakan ini khas dari Boyolali, namun ada beberapa teman yang menyebutkan bahwa soto daging sapi ini memang dari Boyolali dengan pemilik yang berbeda tentunya. Apakah karena hewan yang terkenal dari Boyolali adalah sapi? Kan, sapinya sapi perah, bukan sapi daging. Tidak-tidak-tidak, malah ngomongin yang gak relevan. Baiklah, kalau mau mencicipi soto sapi Boyolali, Anda bisa mencoba SOTO NDELIK CABANG BOYOLALI, yang terletak di Seturan (di dekat pom bensin). Satu porsi soto bisa diperoleh dengan harga Rp5.000,00.


Soto khas Banjar
Baru pertama kali ini saya mencicipi soto khas Banjar, dan ternyata enak sekali! Berarti yang dikatakan temenku KKN itu nggak salah, soto khas tempat asalnya benar-benar maknyuss! Yang membuat soto ini khas adalah kuah santan yang beraroma pala. Pertama kali mencoba, saya teringat akan salah satu mi instan yang menyajikan rasa soto Banjar. (Eh, Banjar itu Kalimantan Selatan yak?) Jika ingin mencicipi soto khas Banjar, Anda bisa mencobanya di Warung Soto Banjar yang terletak di Kotabaru, di seberang jalan Gereja St. Antonius Kotabaru, Yogyakarta. Satu porsi soto bisa diperoleh dengan harga Rp7.000,00.




Coto Makassar
Namanya agak sedikit berbeda, namun mungkin ini adalah salah satu jenis soto yang berasal dari Sulawesi Selatan. Yang membuat unik dari Coto Makassar adalah kuah santan berwarna cokelat yang tentu lain dari yang lain. Tidak seperti soto yang lain, coto Makassar hanya berisi daging sapi saja. Nikmat lemak sapi terasa sampai ke dalam-dalamnya. Kenikmatan Coto Makassar bisa dicicipi di Warung Coto Makassar yang terletak di asrama mahasiswa Sulawesi Selatan "Bawakaraeng" Kotabaru, tidak jauh dari Warung Soto Banjar. Cukup ikuti jalan kecil di samping Gedung Widya Mandala. Satu porsi Coto Makassar bisa diperoleh dengan harga Rp8.000,00. Tapi Anda kudu merogoh kocek ekstra Rp500,00 per ketupat, agar sajian di mangkuk Anda terasa lebih lengkap.




Soto Kuburan
Memang terkesan mistis, tapi jangan ditanya: Soto Ayam Pak Man yang lebih dikenal dengan Soto Kuburan rasanya tidak pernah sepi. Bukan karena pengunjungnya "bukan manusia" lho, semuanya manusia. Soto Kuburan memiliki komposisi yang hampir sama dengan soto-soto konvensional lainnya, namun ditambah dengan perkedel ubi dan tempe bacem. Untuk mencicipi kuliner mistis ini, Anda bisa temukan Soto Ayam Pak Man, yang memang berada di depan kompleks pemakaman di daerah Sagan (tidak jauh dari Galeria Mall). Satu porsi soto ayam ini bisa diperoleh dengan harga Rp5.000,00.




Baiklah, untuk sementara ini saya menambahkan empat warung soto maknyuss yang ada di Jogja. Di lain kesempatan, saya masih berharap menambahkan warung-warung soto atau jelajah kuliner yang lain.


Salam Au Revoir!

2 comments:

  1. jgn lupa soto pak Dalbe depan CIMB Niaga sudirman jogja bisa jadi next culinary adv anda mas bro dijamin joss gandos pokoke coba saja only 6000 satu porsinya

    ReplyDelete
  2. Nah, ini dia problemnya... dua kali saya lewat depan CIMB Niaga Sudirman, kedai soto Pak Dalbe senantiasa tutup...

    ReplyDelete

author
Yacob Ivan
Indonesian, Mathematician, Business Analyst, Android Developer, History-traveller | http://www.yacob-ivan.com