Thursday, February 2, 2012

Pekan Budaya Tiong Hoa 2012


Beruntunglah Anda bila sedang berwisata ke kota Jogja pada tanggal 2 - 6 Februari 2012. Karena selain ada Sekaten (Grebeg Maulud Nabi Muhammad) yang diselenggarakan di alun-alun utara, Jogja juga menggelar acara Pekan Budaya Tiong Hoa 2012. Jogja memang dikenal sebagai kota yang multi kultural, dan Tiong Hoa menjadi salah satu etnis yang tinggal di kawasan Ketandan, nama salah satu kampung di Malioboro. Untuk itu, Ketandan disulap menjadi satu kawasan bernuansa China yang memamerkan budaya-budaya Tiong Hoa. Festival ini diselenggarakan sekaligus untuk memperingati Tahun Baru Imlek yang belum lama berlangsung, serta menyambut Hari Raya Cap Go Meh. Pekan Budaya ini merupakan kali ketujuh diselenggarakan di Jogja.

Gerbang festival di Ketandan Malioboro.
Ada banyak sekali acara yang akan ditampilkan pada festival ini. Selain penampilan Liong dan Barongsai, Anda bisa menikmati pagelaran yang lain seperti: tari-tarian China, wushu, musik (karaoke, koor, band), mini operet,  dan panggung boneka. Selain pagelaran bernuansa China, tentu tidak luput dari sentuhan Jawa. Acara ini juga berkolaborasi dengan ketoprak, kesenian Lampung, kaligrafi, sholawat, kesenian Melayu dan lain-lain.

Selain itu, pengunjung juga mencicipi kuliner ala China di bazar-bazar yang dibuka untuk umum di sepanjang jalan Ketandan. Ups, pengunjung harus pilih-pilih makanan loh karena tradisi China tidak memilih-milih jenis makanan yang dimakan. Tapi bagi pengunjung yang ingin menikmati, ada pilihan makanan yang tentu boleh dimakan seperti yang saya makan ini: bakcang ayam (yang seharusnya menggunakan daging babi). Acara ini juga dimeriahkan oleh atraksi sulap Demian, serta penampilan dari beberapa sekolah di Jogja.

Bagaimana? Anda tertarik pergi ke Jogja saat ini?


Liong dan Barongsai.
Panggung Boneka.
Wuidih, ramenya (klik pada foto ini untuk melihat foto-foto lain di Facebook).
[]

4 comments:

  1. Wah, seru tuh. Yg tanggal 2-6 Feb tu sekaten kan? berarti sekarang dah g ada ya perayaan Imleknya,,

    ReplyDelete
  2. Lho, sekatenan sudah beberapa minggu yang lalu, kalau tanggal 2-6 itu pekan budaya Tiong Hoa, paralel sama penghujung sekatenan... mampir, ha....

    ReplyDelete
  3. Kalau gak salah, seru-serunya pas Sabtu, Minggu sama Senin.

    ReplyDelete

author
Yacob Ivan
Indonesian, Mathematician, Business Analyst, Android Developer, History-traveller | http://www.yacob-ivan.com