Monday, January 30, 2012

Soto Adventure Episode 1

Jogja memang layak disebut sebagai Indonesia mini. Selain karena beraneka ragam suku dan budaya berada di kota ini, jajanan kuliner nusantara pun bisa ditemui di sini. Salah satunya soto, salah satu kuliner nusantara warisan budaya bangsa. Komposisi soto pun cukup beragam, tergantung tradisi masing-masing kota asalnya. Akan tetapi, umumnya soto terdiri dari nasi, bihun, sayuran (taoge, kubis, seledri), lauk pauk (tahu, daging) dan kuah. Berikut ini adalah laporan jalan-jalan yang saya lakukan untuk menikmati soto.

Soto khas Jogja
Ada yang bilang soto macam ini adalah khas Semarang. Akan tetapi, menurut saya ada perbedaan dari cara penyajiannya. Soto khas Jogja itu menggunakan mangkok cap Jago, serta komposisi soto ditambah dengan wortel yang diiris kecil-kecil. Selain itu soto khas Jogja ditemani oleh keripik tempe yang garing serta sate jeroan ayam. Salah satu warung yang menyediakan soto khas Jogja adalah SOTO HOLLYWOOD yang terletak di Jalan Kaliurang km 14. Satu porsi soto bisa diperoleh dengan harga Rp4.000,00.


Alternatif warung lain yang menyediakan soto khas Jogja adalah Soto Pak Nanto yang terletak di daerah Pogung Kidul, di tepi selokan mataram.

Soto khas Suroboyo
Selain karena kuahnya yang lebih kental dan berwarna kuning, soto ala Suroboyo dilengkapi dengan bumbu tambahan yang dikenal sebagai koya. Komposisi dari soto ini pun agak berbeda. Di SOTO SUROBOYOAN NING DEWI, pembeli bisa memesan telur rebus sebagai tambahan. Satu porsi soto bisa diperoleh dengan harga Rp5.000,00. Warung Soto Ning Dewi terletak di Seturan (depan STIE-YKPN) dan di Jalan Kaliurang km 5 (sebelah utara Apotek Kentungan).


Soto khas Lamongan
Soto khas Lamongan hampir mirip dengan khas Suroboyoan, ada koya sebagai salah satu bumbunya. Yah, mungkin karena mereka bertetangga dekat. Menurut yang saya jelajahi, soto khas Lamongan juga menyediakan daging sapi. Salah satu warung yang menyediakan soto khas Lamongan adalah SOTO LAMONGAN CAK PARNO yang terletak di daerah UNY (di dekat lapangan baseball UGM). Satu porsi soto bisa diperoleh dengan harga Rp6.500,00.


Sebagai alternatif, warung lain yang menyediakan soto khas Lamongan ada di Pasar Demangan yang buka pada malam hari.

Soto khas Kudus
Siapa yang tak kenal soto khas Kudus? Keunikan dari soto ini adalah porsinya yang mungil, serta gurihnya kuah soto yang dicampur dengan bawang goreng. Kalau saya makan soto Kudus, tentu tidak cukup satu porsi; eh, paling tidak dua porsi. Biasanya, di warung-warung makan soto kudus terdapat pikulan yang dipakai untuk meletakkan kuah dan bumbu soto. Mungkin dulu soto kudus dijual dengan cara dipikul. Salah satu warung yang menyediakan soto khas Kudus adalah SOTO KUDUS PAK DEWO yang terletak di Jl. C. Simanjuntak 62 (di selatan Mirota Kampus).


Warung lain yang menyajikan soto Kudus adalah Soto Menara Kudus (Condongcatur).

No comments:

Post a Comment

author
Yacob Ivan
Indonesian, Mathematician, Business Analyst, Android Developer, History-traveller | http://www.yacob-ivan.com