Tuesday, March 26, 2013

Daniel yang Terberkati


Beberapa hari yang lalu, sebuah kiriman dari Tabanan (Bali) tiba di meja kantor. Melihat pengirimnya, saya langsung paham karena hanya buku inilah satu-satunya barang yang saya pesan dari seseorang dari Tabanan.  Buku ini berjudul "Daniel", berisi komik, sketsa, dan commentaries di balik pembuatan komik Daniel. 

Daniel, yang Terberkati

Salah satu kisah menarik yang diceritakan di Kitab Suci adalah Daniel, seorang nabi dari Israel yang hidup pada masa pemerintahan Babilonia. Karena kedekatannya dengan Yhwh, Daniel dianugerahi hikmat yang tidak dimiliki sesamanya pada zaman itu. Oleh karena hikmat inilah, Daniel menjadi orang yang sangat dipandang dan dikenal, bahkan oleh Raja Nebukadnezar yang berkuasa pada waktu itu.

Kalau mengingat kembali kisah ini, tentu kita teringat akan hikmat Daniel ketika dia menafsirkan mimpi sang Raja. Bukan hanya itu, keteguhan hati untuk tetap menyembah Yhwh tak tergoyahkan walaupun sempat dimanfaatkan oleh orang-orang yang iri dengannya. Mujizat yang lain lagi datang dari ketiga sahabatnya -Sadrakh, Mesakh dan Abednego ketika dilemparkan ke dapur api namun tidak terluka sedikitpun.

Well, Daniel juga dikisahkan pernah dikurung dalam kandang singa, namun justru malah dia mampu menjinakkan singa kelaparan itu. Kisah Daniel dilanjutkan pada pewahyuan yang ia terima, akan masa depan yang pada waktu itu belum terjadi.

Daniel dalam Komik Daniel

Saya berkenalan dengan author Komik Daniel ini ketika salah seorang sahabat saya menanyakan tokoh Daniel yang diceritakan dalam suatu blog yang ia baca. Karena turut penasaran dengan blog tersebut, akhirnya saya mencoba untuk turut mengaksesnya.

Ikutan baca di sini --> [http://komikdaniel.blogspot.com]

Yang menarik dari komik ini adalah, kisah Daniel divisualisasikan secara populer. Ada bagian-bagian lucu yang bisa dipandang sebagai anekdot. Sebagai contoh, ada beberapa benda-benda modern seperti kamera, mikrofon, dan perekam video yang digunakan oleh orang-orang yang iri kepada Daniel untuk dijadikan bukti ketika menyudutkan Daniel di hadapan Raja.

Perkenalan dengan Author-nya

Saya juga belum bersua dengan author Komik Daniel. Karena ketertarikan saya pada goresan tangannya, saya pun berkenalan dengan saudara Gabriel melalui dunia maya. Setelah mencoba menghubungi melalui e-mail, akhirnya terjadilah pembicaraan di antara kami. Saudara Gabriel menawarkan komik versi cetaknya. Karena suatu hal, saya malah 'mundur-mundur'. Namun pada akhirnya, saya jadi memesan komik ini dan tiba ke tangan saya pada tanggal 25 Maret 2013.

Di bagian akhir komik ini, ada beberapa tantangan yang tentu ingin saya jawab. Nah, berhubung saya harus kembali belajar coding, maka saya akhiri dulu tulisan ini.

Gabriel, nice job

No comments:

Post a Comment

author
Yacob Ivan
Indonesian, Mathematician, Business Analyst, Android Developer, History-traveller | http://www.yacob-ivan.com